Peneriman Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) di Desa Ngablak

 

NGABLAK-CLUWAK.DESA.ID – Rabu, 06/09/2021 – Peneriman Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) Institut Agama Islam Negeri Kudus di Desa Ngablak kecamatan Cluwak Kabupaten Pati pada hari Senin, 06/09/2021 disambut hangat oleh Bapak N Mukhlisin, kepala Desa Ngablak.

KKN-IK tahun 2021 ini mengangkat tema “Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama” menjadi dasar peserta KKN-IK IAIN Kudus melaksanakan program kerja KKN dalam satu bulan kedepan mulai tanggal 6 September- 6 Oktober 2021.

IAIN Kudus mengadakan Kuliah Kerja Nyata terintegrasi kompetensi (KKN-IK) di 4 Kabupaten yaitu Kudus, Demak, Jepara dan Pati.Tetapi, KKN-IK di wilayah Pati tahun ini berbeda dengan KKN-IK diwilayah kabupaten lainnya seperti Jepara, Kudus dan Demak. Berdasarkan keputusan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati guna mencegah penyebaran Covid-19 dan mengurangi mobilitas maka pemerintah Kabupaten Pati memberikan keistimewaan kepada peserta KKN-IK IAIN Kudus yang berdomisili di Pati untuk melaksanakan kegiatan KKN sesuai domisili di desa masing-masing. Kecamatan Cluwak merupakan salah satu daerah yang menjadi sasaran KKN-IK IAIN Kudus. Kecamatan Cluwak sendiri memiliki 13Desa yang salah satunya adalah Desa Ngablak.

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus di kecamatan Cluwak berjumlah 17 mahasiswa yang terdiri dari 1 mahasiswa berdomisili asli di DesaNgablakyang bernama Ubaidillah Almushoddiq. Desa Ngablak ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan di Desa ini.

N Mukhlisin, selaku Kepala Desa Ngablak menyambut peserta KKN-IK dengan senang hati, “Adanya KKN di Desa Payak ini kami menerima dengan senang hati dan sangat terbantu, semoga bisa bekerjasama terkait tingkat kemajuan desa, khususnya di bidang website desa”, Ucap N Mukhlisin.

Ubaidillah almushoddiq selaku peserta KKN-IK IAIN Kudus dari Desa Ngablakberterimakasih telah menerima  dengan baik dan mengucapkan terima kasih kepada kepala DesaNgablak Bapak N Mukhlisin serta seluruh perangkatDesa dan Masyarakat DesaNgablak yang telah menerima dengan baik saya berharap semoga dalam menjalani KKN-IK selama satu bulan dapat memberi manfaat kepada desa dan masyarakat Ngablak.