Peduli Kesehatan Balita Atasi Stunting, Posyandu Desa Ngablak Adakan Kegiatan Posyandu Setiap Bulan

NGABLAK-CLUWAK.DESA.ID-16/09/2021– Bidan desa dan kader Posyandu Desa Ngablak rutin mengadakan kegiatan Posyandu sebagai bentuk kepedulian terhadap pertumbuhan dan kesehatan balita pada Minggu, 19/09/2021. Kegiatan Posyandu ini rutin dilaksanakan di rumah Ibu Yumi Ratna selaku kader Posyandu setiap satu bulan sekali dimulai pukul 09.00 WIB.

Penimbangan balita di Desa Ngablak (16/09/2021)

Adapun jumlah sasaran balita dalam kegiatan Posyandu di Desa Ngablak berjumlah 37 balita.  Kegiatan posyandu ini fokus pada pelayanan pengendalian masalah stunting pada balita.

Pendatan bumil dan daftar hadir ibu hamil dan balita. (16/09/2021)

Untuk mempercepat penurunan kasus stunting, dalam kegiatan Posyandu ini kader posyandu saling bekerjasama guna memantau pertumbuhan dan kesehatan balita. Di posyandu terdapat lima meja masing-masing terdapat kader posyandu yang bertugas yaitu meja pendaftaran, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pencatatab, penyuluhan gizi dan pelayanan kesehatan. Tugas meja ke-2 dan ke-3 ini adalah tahap yang paling penting dalam menentukan bagaimana status gizi balita terutama pada status tinggi badan menurut umur untuk mendeteksi adanya stunting. Dalam posyandu ini juga menyalurkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita untuk perbaikan gizi karena stunting dapat dicegah dengan memenuhi asupan gizi yang seimbang.

Kegiatan Posyandu tetap berjalan dengan baik dan teratur meskipun dalam keadaan pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, karena pertumbuhan dan kesehatan balita harus tetap diperhatikan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan