Budidaya Maggot (Mengubah Sampah Menjadi Produk Berkualitas Tinggi)

NGABLAK-CLUWAK.DESA.ID-01/02/2021.

Karang Taruna Sabanusa Desa Ngablak, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati memiliki program yang memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Salah satu program yang dijalankan adalah mengubah sampah menjadi rupiah. Ini dilakukan melalui pengolahan sampah serta budidaya maggot BSF (Black Soldier Fly).

Karang Taruna Sabanusa juga Bekerjasama dengan PT. GARUDA FOOD  PUTRA PUTRI JAYA, untuk membangun tempat budidaya maggot BSF dan Untuk mengolah sampah organik melalui budidaya maggot BSF. Pembangunan budidaya maggot tersbut terlaksana pada tanggal 17 Febuari 2020 sampai sekarang Karang Taruna Sabanusa dan PT. GARUDA FOOD PUTRA PUTRI JAYA menghasilkan produk – produk yang berkulitas tinggi untuk pakan ternak. Maggot BSF adalah larva dari jenis lalat besar berwarna hitam yang terlihat seperti tawon. Selama masa hidupnya maggot BSF mengkonsumsi makanan organik, misalnya sampah organik.

Selain dapat mereduksi jumlah limbah tidak baik di sekitar kita, larva BSF juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang laku dijual. Meski dikelompokkan sebagai lalat, BSF tidak hinggap di sampah dan tidak membawa penyakit.

Hasil budidaya maggot sangat banyak. Mulai dari pakan ternak, sampai menjadi pupuk kompos yang sangat baik untuk tanaman. Ini menjadi bisnis yang dapat dijalankan oleh Karang Taruna bersama warga masyarakat.

Solusi bio konversi sampah organik , dan sumber protein yang sustainaible “ cocok untuk konsep Integrated farm”. Pakan ternak ( ikan , ayam , burung dll ) Alternatif alami yang tinggi protein -/+40℅ protein. Dan yang terpenting pengurai sampah organik yang ( Tidak bau dan benar” zero waste )

– kami juga menyediakan

– telur bsf

– prepupa

– POC ( ada ekstrak maggot BSF )

– PSB ( PhotoSistesis Bacteria )

Area kab Pati Jateng silahkan merapat difarm maggot BSF Karangtaruna Sabanusa. Desa Ngablak, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati.

Untuk info pemesanan dan sharing silahkan menghubungi ke.

-Tatak Tri s 081225499992

– Gigih. 081575637907

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan