Tingkatkan Kesadaran Akan Kebersihan Lingkungan, Desa Ngablak Kelola Sampah Melalui Bank Sampah

NGABLAK-CLUWAK.DESA.ID-05/09/2019

Setiap kegiatan manusia pasti menghasilkan sampah yang jumlahnya berbanding lurus dengan tingkat konsumsi barang yang digunakan sehari-hari, sehingga sampah masih menjadi permasalahan yang krusial di lingkungan masyarakat. Permasalahan utama dalam pengelolaan sampah adalah rendahnya akses terhadap layanan pengelolaan sampah. Dalam mengelola sampah masyarakat masih belum memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga menjaga lingkungan dan mengelola sampah dengan bijak. Langkah yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui pendirian Bank Sampah.

Menurut Pasal 1 Parlemen LH No.13 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanan Reduce, Reuse, dan Recycle melalui Bank Sampah, Bank sampah merupakan tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang yang memiliki nilai ekonomi.

Bank Sampah di Desa Ngablak didirikan pada tanggal 05/09/2018. Adanya Bank Sampah ini guna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, dengan tujuan agar dapat mengelola sampah dengan lebih baik agar tidak mencemari lingkungan. Pada dasarnya Bank Sampah hadir untuk membentuk kebiasaan masyarakat dalam mengelola dan memilah sampah dari lingkup yang lebih kecil yakni dari lingkup rumah tangga. Sampah rumah tangga seperti gelas plastik, kertas bekas, kardus, kaleng bekas kemasan makanan atau minuman dan rongsokan. Selain memberi dampak yang positif bagi lingkungan, Bank Sampah juga dapat bernilai ekonomis bagi masyarakat.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan