PEMBINAAN MASYARAKAT DALAM RANGKA KONSERVASI SUMBER DAYA AIR Oleh: DINAS PEKERJAAN UMUM SUMBER DAYA AIR DAN TATA RUANG PROVINSI JAWA TENGAH

 

 

Rabu, 29 Agustus 2018

KarangTarunaSABANUSA,- Pada hari ini kita berkesempatan mendapat pembinaan dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah (PUSDATARU Jateng) tentang Konservasi Sumber Daya Air dan Pengelolaan Sampah oleh  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati.

Peserta dari kegiatan ini adalah Pemerintah Desa, Tim Penggerak PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna SABANUSA dan Komunitas Pemuda Kreatif (KOMPAK) Desa Ngablak. Dalam kesempatan ini pula diserahkan Sertifikat Penghargaan kepada KOMPAK yang sudah mengikuti Lomba Komunitas Peduli Sungai tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Banyak ilmu yang kita dapatkan dalam pembinaan tersebut. Tentang bagaimana pentingnya air sebagai sumber kehidupan, bagaimana cara mengelola air tersebut, bagaimana penggunaan air tanpa berlebihan, sehingga kita mengerti tentang konservasi Sumber Daya Air. Selain itu kita juga menerima materi terkait pengelolaan sampah yang benar.  Dalam presentasi tersebut banyak hal yang kita lakukan selama ini ternyata salah terkait penanganan sampah. Yang paling sering kita lakukan adalah membakar sampah dan ternyata hal ini dilarang oleh Undang-undang. Setelah materi pengelolaan sampah, kita juga diberi materi tentang pembuatan Biopori sebagai salah satu kegiatan konservasi sumber daya air.

Dalam pembinaan ini, diserahkan bantuan berupa bor beserta paralaon biopori yang diterima langsung oleh Karang Taruna SABANUSA Desa Ngablak.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*